LKS Matematika SMK ini sebenarnya adalah Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) yang diikuti oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimana untuk jenjang SMA disebut dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN).
3 Aspek Menembus OSTN
berdasarkan Lesson Study:
• Plan (Rencana)
• Do (Pelaksanaan)
• See (Evaluasi)
SIKLUS 1
Plan 1
Analisis SWOT
• Strength: Stakeholder Support
• Weakness: SMK Swasta dengan Input Siswa berkemampuan Menengah Bawah
• Opportunity: Memiliki Potensi yang sama dengan SMK lain
• Threat: Motivasi dan Kemampuan Guru Matematika yang rendahSIKLUS 1
Do 1
• Melakukan asesmen siswa kelas X dan XI berdasarkan nilai MAT UN SMP, nilai UTS/UAS, tes
diagnostik kemampuan soal olimpiade dan hasil observasi guru matematika
• Memetakan kemampuan guru berdasarkan kompetensi LKS Matematika
• Membimbing calon peserta secara sistematis di luar jam belajar minimal 6 jam/minggu
• Calon peserta mengikuti even olimpiade sederajat minimal 1xSIKLUS 1
See 1
• Melakukan refleksi dari kegiatan guru dalam membimbing calon peserta
• Melakukan Evaluasi kemampuan calon peserta berdasarkan keikutsertaan olimpiade sederajat
SIKLUS 2
Plan 2
• Memilih 2-3 siswa dari calon peserta untuk dibimbing secara intensif selama 2 bulan sebelum LKS dengan durasi 12 jam/minggu
• Menambah guru bimbingan sebagai refreshing siswa
• Mendatangkan guru/dosen spesialis olimpiade 1-2 pertemuan
Do 2
• Memastikan efektivitas dan efisiensi kegiatan dalam Plan 2, dengan melakukan konseling dan brainstorming.
See 2
• Memastikan segala aspek pelaksanaan sesuai dengan target minimal menembus LKS Matematika
"Kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan Kebaikan yang tidak terorganisir" -Ali Bin Abi Thalib
Terima Kasih
bersama-belajar |
3 Aspek Menembus OSTN
berdasarkan Lesson Study:
• Plan (Rencana)
• Do (Pelaksanaan)
• See (Evaluasi)
SIKLUS 1
Plan 1
Analisis SWOT
• Strength: Stakeholder Support
• Weakness: SMK Swasta dengan Input Siswa berkemampuan Menengah Bawah
• Opportunity: Memiliki Potensi yang sama dengan SMK lain
• Threat: Motivasi dan Kemampuan Guru Matematika yang rendahSIKLUS 1
Do 1
• Melakukan asesmen siswa kelas X dan XI berdasarkan nilai MAT UN SMP, nilai UTS/UAS, tes
diagnostik kemampuan soal olimpiade dan hasil observasi guru matematika
• Memetakan kemampuan guru berdasarkan kompetensi LKS Matematika
• Membimbing calon peserta secara sistematis di luar jam belajar minimal 6 jam/minggu
• Calon peserta mengikuti even olimpiade sederajat minimal 1xSIKLUS 1
See 1
• Melakukan refleksi dari kegiatan guru dalam membimbing calon peserta
• Melakukan Evaluasi kemampuan calon peserta berdasarkan keikutsertaan olimpiade sederajat
SIKLUS 2
Plan 2
• Memilih 2-3 siswa dari calon peserta untuk dibimbing secara intensif selama 2 bulan sebelum LKS dengan durasi 12 jam/minggu
• Menambah guru bimbingan sebagai refreshing siswa
• Mendatangkan guru/dosen spesialis olimpiade 1-2 pertemuan
Do 2
• Memastikan efektivitas dan efisiensi kegiatan dalam Plan 2, dengan melakukan konseling dan brainstorming.
See 2
• Memastikan segala aspek pelaksanaan sesuai dengan target minimal menembus LKS Matematika
"Kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan Kebaikan yang tidak terorganisir" -Ali Bin Abi Thalib
Terima Kasih
Post a Comment