Perubahan adalah suatu keniscayaan. Oleh karenanya, sesuatu yang sulit berubah akan mengalami kebuntuan. Dunia industri yang berubah mulai dari versi awal (1.0) sampai 4.0 adalah suatu indikator adaptasi terhadap keadaan. Begitu pula dalam dunia pendidikan yang mengalami perubahan. Perbedaan keduanya adalah dunia Industri mengalami Revolusi sedangkan dunia Pendidikan mengalami Evolusi. Berikut Evolution of Education.
Education 1.0
Otoriter, Siswa adalah penerima pasif, sistem berpusat pada guru
(guru memberi, pengetahuan sebagai pemimpin absolut di
kelas), Teknologi dilarang di kelas.
Education 2.0
Komunikasi dan Kolaborasi mulai tumbuh (fokus pada ujian),
Menghafal pengetahuan, berpusat pada siswa sedikit penerapan.
Teknologi Analog, RPP disebut Rencana Pengajaran
Education 3.0
Pendekatan yang berpusat pada siswa, guru (fasilitator,
penasihat, pembelajar), siswa meneliti, metode kelas flip
berlaku, lebih banyak dialog. Teknologi Digital. RPP menjadi
Rencana Belajar.
Education 4.0
Berpusat pada inovasi dan kreativitas yang kompetitif, Whenever
and wherever (Flipped classroom applied, Interactive practical
exercise – face-to-face), Teknologi Internet of Thing (IoT)
Post a Comment